stats online Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini | PKBM HIKMAH - CIAMIS
0812-2498-3501 admin@pkbmhikmah.com

Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini

Pada tahun 2016 Pemerintah mencanangkan kepada seluruh keluarga Indonesia dimana mewajibkan pada anak dibawah umur 5 tahun untuk mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik pada sekolah TK atau kelompok bermain. Progam ini sudah diharuskan oleh UNESCO dimana anak dikenalkan pada pendidikan pra-sekolah.

Banyak manfaat yang dapat diambil dari pendidikan PAUD ini, sebagai pertimbangan saat mendaftar anak kita masuk PAUD.

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Pada usia anak 3 – 5 tahun sangat membutukan bimbingan untuk menumbuh kembangkan rasa percaya diri. Hal ini implementasikan oleh guru PAUD seperti menghargai hasil pekerjaan anak atau memberikan saran yang lebih positif. Ini sering dilakukan dan akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

2. Meningkatkan perkembangan emosi-sosial

Hal yang pasti akan dilakukan oleh anak dimana anak akan belajar beradaptasi dan berinteraksi dengan teman-temannya serta akan mengikuti beberapa aturan tertentu. Mempunyai banyak teman dan berinteraksinya akan menambah peningkatan pada perkembangan emosi sosialnya. Disini anak akan belajar cara berinteraksi dengan dengan lingkungan baik secara emosinal dan nilai sosial yang akan tumbuh berkembang pada diri anak. Mulai dari sini anak dapat belajar disiplin dengan mengikuti aturan dengan menyenangkan. Hal ini sebagai salah satu manfaat jangka panjang dari pendidikan di PAUD.

3. Meningkatkan dalam pembentukan struktur otak anak

Pada usia 5 tahun pertumbuhan otak ada anak
mencapai 90% dari ukuran otak saat dewasa nanti. Pertumbuhan struktur otak pada anak ini akan memberikan efek jangka panjang untuk masa depannya.

4. Mendorong anak untuk belajar membaca, menulis dan berhitung.

Anak akan berinteraksi dengan hal-hal disekelilingnya dengan bimbingan guru anak mulai belajar dari menggunakan alat tulis misalnya, belajar mengenal angka dan huruf, belajar menulis angka dan huruf bahkan dapat dimulai dengan berhitung sederhana. Hal ini sebagai dasar anak untuk menumbuh kembangkan rasa kreativitas, mendorong anak dalam mempersiapkan diri ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

5. Meningkatkan Aktivitas fisik

Kegiatan anak di PAUD dimana anak akan bermain dimana hal lain yang tidak dimainkan di rumah. Kurikulum pada PAUD dimana pada umumnya menyertakan olah raga sebagai salah satu dari aktivitas fisik pada anak. Olah raga yang sederhana seperti berlari, berayun dimana hal seperti ini merupakan keterampilan fisik yang perlu anak pelajari selama proses perkembangan pada diri anak.

6. Pertumbuhan nilai akademis yang lebih baik

Anak-anak usia dini ini umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Bermain dan belajar di PAUD rasa ingin tahu anak bisa terpenuhi. Hal ini akan memberikan efek positif pada performa akademisnya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

7. Siap masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi

Peraturan di sekolah, dari beraktivitas sampai kemandirian pada diri anak sudah tertanam nilai-nilai pendidikan saat berada di PAUD. Hal ini akan membuat anak lebih siap saat nanti memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan bekal pendidikan di PAUD maka akan mendorong anak untuk mendapat nilai lebih baik di sekolah lanjutan. Mampu belajar mandiri, aktivitas membaca lebih baik, menulis lebih lancar bahkan dalam pemahaman matematika dasar.

Manfaat pendidikan PAUD ini cukup memberikan informasi kepada para keluarga yang memiliki anak dengan usia dini untuk perkembangan si buah hati di masa depan.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LINK INTERNAL

 

 

 

 

 

 

 

 

LINK EKSTERNAL